Irup Apel Pasukan Operasi Samrat, Gubernur OD : Ada 713 Pos Pelayanan Bagi Pemudik

Manado, Barometersulut.com- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel gelar apel pasukan terkait operasi ketupat samrat, yang dihadiri Kapolda dan ribuan personil.

Membacakan sambutan Kapolri, Gubernur Olly menuturkan jika, kesiapan pelaksanaan operasi ketupat tahun 2023 merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder, mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Sulut.

Kerja keras bersama pada pengamanan mudik Lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi masyarakat. Berdasarkan survei indikator periode 5-10 Mei.2022 terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik. Terlebih lagi, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan melayang mengalami peningkatan dari lapan 5,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 100, 23,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%,” kata Gubernur.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Gubernur Olly, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa hati-hati tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik dari 86.000.123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45% ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik.

Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Baca juga:  Steven Kandouw: Kader PDI Perjuangan Harus Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat

“Operasi ini telah diawali dengan KARD tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023. Operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI, polri, Kementerian terkait yaitu BNPBBMKG Basarnas Pertamina Jasa Raharja Jasa Marga Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya,” bebernya.

Para personel tersebut nantinya akan menempati 2787 pos dengan rincian yaitu 1857 pos pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi gantung dan rekayasa arus lalin.

Serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya. 713 pos pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi manajemen reza ria, pelayanan kesehatan pemerintah gratis dan berbagai layanan lainnya dan 215 pos terpadu.

“Yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan command center. Untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di pulau Sumatera, Jawa dan pengadilan secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan Polri sebagai posko operasi terpusat,” ungkapnya.

Posko tersebut didukung oleh berbagai kemampuan, sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan bisa termonitor secara real time. Kemudian sebagai tindak lanjut aneh mudik tahun 2022, maka telah dikeluarkan pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran tahun 2023.

Baca juga:  Lagi, BSG Raih Infobank Award 2021

“Demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang. Terdapat klarifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut bbm pupuk dan bapotik. Pastikan kendaraan kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri sehingga mempermudah proses pemeriksaan apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan maka segera dilakukan penindakan,” katanya.

Di samping kerawanan yang timbul akibat peningkatan mobilitas masyarakat, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting harus tetap terjaga. Tingkatkan koordinasi antar satgas pangan dengan stakeholder terkait sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bapokting selama perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sebagai wujud nyata pemerintah pusat, Kementerian, lembaga dan pemerintah daerah serta TNI, Polri telah menyelenggarakan program bantuan kemanusiaan untuk negeri ke seluruh Indonesia, khususnya kepada masyarakat yang kurang mampu di seluruh area serta daerah yang mengalami kenaikan harga maupun kekurangan stok bapok.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih.Dan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI, Polri Kementerian terkait. BBMKG Basarnas Pertamina, Jasa Marga Satpol PP Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung operasi ketupat 2023,” pungkasnya. (Nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *