Wabup Bolmut Amin Lasena, saat membuka Rakor Pendataan Regsosek yang dilaksanakan oleh BPS Bolmut, Rabu (21/9/2022)

Wabup Bolmut Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

Bolmut, BAROMETERSULUT.com – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Amin Lasena, resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Regsosek tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmut, Rabu (21/9/2022).
Dalam sambutan tertulis Bupati Bolmut yang dibacakan oleh Wabup Amin Lasena, mengatakan Pendataan Awal Regsosek tersebut, mewujudkan satu data nasional sebagai langkah reformasi perlindungan sosial untuk memghadapi dampak covid-19.
“Dalam Rencana Kerja Pemerintah tahu 2021 dan 2022, telah dicetuskan Tiga reformasi struktural, yaitu reformasi sistem kesehatan, kebencanaan dan perlindungan sosial yang menyeluruh bagi kalangan penduduk,” kata Amin.
Reformasi sistem perlindungan sosial lanjut Amin, sangat diperlukan sebagai momentun perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara.
“Registrasi Sosial Ekonomi merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan Satu Data Indonesia yang membentu pemerintah pusat dan daerah dalam mengentaakan kemiskinan ekstrim,” lanjutnya.
Sehingga jelas Amin, pemerintah telah mengambil langkah kongkrit dalam menatap program penaggulangan kemiskinan melalui Regsosek sebagai transformasi data dan pengembangan sistem pendataan Sosek yang terintegrasi dengan semua penduduk.
“Untuk itu, melalui kegiatan ini menjadi harapan saya, pendataan resistrasi sosial ekonomi ini mampu memutakhirkan data sosial ekonomi seluruh penduduk sehingga mampu menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat digunakan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan ekonomi,” jelas Amin.
Dirinya pun menghimbau kepada seluruh stakeholders, baik akademisi, pelaku usaha dan organisasi sosial kemasyarakatan serta seluruh warga Bolmut, berkolaborasi dan membantu kelancaran pendataan Regsosek tersebut.
Di tempat yang sama, Kepala BPS Bolmut Jasni Makalungsenge, membeberkan pendataan awal Regsosek tersebut bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang berhubungan dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.
Ia menyebut, prasyarat utama dalam reformasi sistem perlindungan sosial adalah transformasi data menuju Regsosek untuk seluruh penduduk. Perubahan penyediaan data sosial ekonomi tersebut meliput cakupan seluruh penduduk Indonesia, standar dan metodologi yang sama, pemutakhiran regular, mudah diakses dan dapat dibagipakaikan.
“Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas Lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten untuk pelaksanaan perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi,” tutur Jasni.

(Theo)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

DKP Kebagian Rp. 443,7 Juta Dana Penanganan Inflasi

Bolmut, BAROMETERSULUT – Dinas Kelaluatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondiw Utara (Bolmut) kebagian Rp. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com