Pilhut Serentak di Minahasa Bakal Terapkan e-Voting

Minahasa, BAROMETERSULUT –
98 Desa di Kabupaten Minahasa dalam tiga pekan kedepan akan melangsungkan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Serentak. Menariknya dalam Pilhut ini, ada beberapa desa akan melakukan pemilihan dengan sistem E–Voting. 

“Kami akan melakukan ujicoba di beberapa desa dengan menggunakan sistem e- Voting. Ujicoba, namun sudah merupakan rangkaian Pilhut. Sebab kedepan diperkirakan sistem ini akan dipakai dalam Pilhut,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Jefry Tangkulung SH MAP, Jumat (14/1/2022). 

Seperti yang diketahui pemungutan suara elektronik atau e-voting adalah suatu bentuk pemungutan suara yang biasanya digunakan untuk pemilihan umum maupun poling menggunakan media elektronik. Pergeseran penggunaan media yang dahulu konvensional dan di era teknologi saat ini sudah banyak beragam media yang digunakan untuk jejak pendapat tersebut di antaranya media sosial/internet, short message service maupun chatting. 

Penggunaan teknologi Short Message Service (SMS) saat ini banyak dipakai untuk pemungutan suara elektronik karena ketersediaan, kecepatan, keamanan dan ketepatan data yang dihasilkan. 

Aplikasi pemungutan suara elektronik atau istilah sekarang bernama e-voting menggunakan teknologi short message service dan AT command dirancang dengan sangat sederhana dan biaya yang relatif murah sehingga memudahkan para pengguna baik peserta pemungutan suara maupun pelaksana pemungutan suara. 

“Sekali lagi kami akan ujicoba dibeberapa desa, bukan secara keseluruhan sesuai arahan Bapak Bupati dsn Wakil Bupati,”ucap Tangkulung.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya dalam tahap akhir penyiapakan Peraturan Bupati (Perbup) Minahasa tentang Pemilihan Hukum Tua Serentak di Minahasa. 

“Dan dalam waktu dekat ini akan berkonsultasi ke Kemendagri RI terkait pelaksanaan Pilhut Serentak serta penggunaan Sistem e- Voting yang rencananya akan diterapkan di kabupaten Minahasa,” pungkasnya.(rendy)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

SPKLU Diresmikan, Ini Harapan Wali Kota Manado

Manado, BAROMETERSULUT – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Regional SULMAPANA di Kawasan Megamas Manado, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *