Pemkab Minut dan FIA UI Teken MoU: Tingkatkan SDM ASN

Jakarta, BAROMETERSULUT – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara ( Minut) dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia melakukan kerja sama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia.

Adapun penandatanganan kerjasama itu dilakukan langsung oleh Bupati Minut Joune Ganda, SE dengan Dekan Fakultas Administrasi UI Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI)Prof. Chandra Wijaya, Sabtu(11/12) di Jakarta.

“Ini merupakan satu langkah maju dan nyata upaya meningkatan sumber daya aparat di Minut.”ujar Joune Ganda kepada media ini.

Menurut Joune Ganda, inti kerjasama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia melalui tridarma perguruan tinggi dalam bidang ilmu administrasi.

Dia menambahkan, secara umum pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga sedang dalam proses mengarahkan Pertumbuhan Ekonomi yang signifikan dalam Penganggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah / APBD.

“Dari sisi penganggaran yang ada sebagian besar diarahkan untuk mensupport program dan kegiatan yang meningkatkan gairah ekonomi kami juga melaksanakan program peningkatan SDM melalui pemberian Tugas Belajar, Ijin Belajar dan Pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.”ujarnya.

Baca juga:  Kadispenal Tekankan Transparan dan Bebas Pungli

Untuk itu katanya, Dia program kerjasama ini nantinya dititim beratkan  pengembangan Sumber daya manusia khusunya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) diLingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui jalur Center of independen learning Universitas Indonesia, Program Sarjana ekstensi, Magister dan Doktor di bidang administrasi dapat terlaksana dengan lebih mudah, cepat dan tepat.

” Untuk perubahan arah dan kebijakan yang nantinya dapat diambil oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam menentukan program prioritas daerah serta meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul.”ujar Joune.

Lebih jauh Joune Ganda menjelaskan,
kerjasama ini dapat memberikan kesempatan baik kepada pimpinan dan Aparatur Sipil Negara untuk mengikuti program pengumpulan angka kredit (credit earning program) atau program pengembangan eksklusif (eksekutive development program) juga melakukan kajian kebijakan, kolsultasi dan pendampingan pada satuan kerja di Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

‘Saya berharap kolaborasi bersama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia akan meningkatkan dan membantu Pemerintah kabupaten Minahasa Utara mencapai visi dan misi khususnya peningkatan kemampuan aparatur dan SDM masyarakat pada umumnya”tandas Bupati Joune Ganda sambil  berharap Para Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia untuk melaksanakan program riset dan program magang dalam rangka mendukung program merdeka belajar kampus merdeka dengan lokus yang ada diwilayah Kabupaten Minahasa Utara yang merupakan satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas Likupang.

Baca juga:  Pangdam VII/Wirabuana Sampaikan Motivasi Dan Nyatakan Apresiasi

“Saya berharap kolaborasi bersama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia akan meningkatkan dan membantu Pemerintah kabupaten Minahasa Utara mencapai visi dan misi khususnya peningkatan kemampuan aparatur dan SDM masyarakat pada umumnya”tandas Bupati Joune Ganda sambil menambahkan untuk perubahan arah dan kebijakan yang nantinya dapat diambil oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam menentukan program prioritas daerah serta meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *