Olly Dondokambey Buka Sidang Lengkap Sinode ke-XXV GMIST

Tahuna, BarometerSulut.com– Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, membuka Sidang Lengkap Sinode (SLS) ke XXV Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST), Selasa (7/12/21) di Jemaat GMIST Yerusalem Enemawira.

SLS ke-XXV GMIST mengangkat Tema Aku Adalah Alfa dan Omega, dan Sub Tema Dalam Tuntutan Sang Alfa dan Omega GMIST Rumah Bersama Terus Memelihara, Menjaga dan Merawat Kasih Persaudaraan dan Keutuhan Gereja.

Kedatangan Gubernur disambut secara adat oleh masyarakat, setelah itu Gubernur meresmikan Gedung Serbaguna Jemaat Yerusalem Enemawira, Gedung Banalang Pegimpolongan
Steller Gunung, serta melantik Tim Kerja Sidang MPL PGI Tahun
2022.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, Sidang Lengkap Sinode  ke XXV GMIST ini sangat membanggakan, karena kegiatannya menggambarkan suatu budaya Daerah.

“Maka dari itu, kita harus terus mendorong budaya Daerah harus lebih berkembang,” ungkap Dondokambey.

Atas nama Pemprov Sulut lebih lanjut dijelaskannya Gubernur, mengucapkan terima kasih bagi Pemkab Sangihe dan GMIST, yang selama ini kerja sama telah berjalan dengan baik, dalam rangka menjalankan program Pemerintah, serta meningkatkan program iman dan kepercayaan.

“Harapannya dalam kehidupan beragama di Negara kesatuan republik ini, harus saling menghargai satu sama lain,”. ungkap Dondokambey.

Dia menjelaskan, hal-hal yang perlu didorong dalam kehidupan berpegang dalam persekutuan Gerejawi. Itu sperti tertulis dalam Alkitab Titus 2 : 1-10, bagaimana integritas keanggotaan harus benar-benar munculkan.

“Sehingga satu organisasi itu betul utuh dalam menjalankan tugas dan panggilan Tuhan,” bebernya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyatakan, sungguh sangat berbahagia pada hari ini. Karena Sidang Sinode ke XXV ini sangat spektakuler.

“Atas nama Pemkab Sangihe mengucapkan terima kasih dan selamat melaksanakan sidang. Kiranya GMIST kedepan tetap terpelihara dalam kasih Tuhan,” singkat Gaghana.

Terpisah ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia PGI Gomar Gultom menyampaikan, bersyukur karena bisa melaksanakan sidang lengkap Sinode yang ke XXV ini, ditengah masa sulit akibat pandemi Covid-19.

“Dalam masa sulit seperti ini, Gereja terpanggil untuk melantangkan cinta kasih dengan kepedulian untuk mempertahankan kehidupan dari ancaman kesakitan akibat pandemi ini,” ungkap Gultom.

Dirinya mengapresiasi dalam pemilihan Tema saat ini Aku Adalah Alfa dan Omega, yaitu komitmen GMIST untuk tetap bersama dalam arahkan gerakan oikumene. Teetapi yang tidak kalah pentingnya adalah sebuah komitmen kolektif dari seluruh insan GMIST untuk menyaksikan ada harapan ditengah keadaan bagaimanapun sulitnya menghadapi pandemi ini.

“Allah lah yang awal dan yang akhir, penyertaan Tuhan ada dalam kehidupan kita, bagaimanapun sulitnya kita mengatakan kepada kita. Olehnya pilihan Tema ini hendaknya mengatakan kepada kita pandemi ini bukan kata akhir, Kristus dan kuasanya lah yang menjadi kata akhir,”

Itu berarti ada harapan, bahwa persidangan ini akan mampu menumbuhkan semangat baru bagi seluruh warga GMIST dimanapun mereka berada.

“Dengan perspektif dan komitmen baru dalam mengatasi pandemi dan berbagai tantangan keseharian,” tandas Gultom.

Hadi juga pada kesempatan tersebut Wagub Steven O E Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Forkompinda Sulut, Anggota DPRD Sulut Tony Supit, Bupati Sitaro Evangelin Sasingen, Wabup Sitaro John Palandung, Ketua PGI Gomar Gultom.(CR)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

SPKLU Diresmikan, Ini Harapan Wali Kota Manado

Manado, BAROMETERSULUT – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Regional SULMAPANA di Kawasan Megamas Manado, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *