Pemkab Minahasa Gelar Pelatihan Digital Entrepreneor Academy

Minahasa, BAROMETERSULUT  – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneor Academy (DEA), bertempat di Hotel Yama Resort Tondano, Selasa (16/11/21).

Kegiatan dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian  dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo MSi, mewakili Bupati ROR yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala BPSDMP Kominfo Manado Drs Darsa Jaya Hedar MAP.

Bupati Minahasa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Wenny Talumewo mengapresiasi kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneuship Academy (DEA) yang merupakan program dengan sasaran untuk mencetak Pengusaha Digital Baru dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Atas nama Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Dr (HC) Robby Dondokambey SSi MM, kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala BPSDMP Kominfo Manado yang untuk kesekian kalinya menggelar kegiatan di Kabupaten Minahasa,” kata Talumewo.

Dikatakannya, teknologi informasi dan Komunikasi yang berkembang pesat telah mempengaruhi pola mobilitas yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh. Masyarakat memiliki akses terhadap informasi dimanapun berada. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap banyak hal yang berkembang.

Baca juga:  Diduga Korupsi, Mantan Karyawan BRI Unit Ulu Siau di Tahan Kejati Sulut

Lanjutnya, Perkembangan Teknologi Informasi merupakan suatu yang harus ada dan diikuti oleh masyarakat modern saat ini, terutama dalam menghadapi era Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 yang telah mengubah cara manusia berpikir dan berhubungan satu dengan yang lain. Indonesia tentu memiliki modal awal untuk menghadapi persaingan di tingkat global yaitu bebagian besar penduduk Indonesia masih berusia muda dan produktif. Namun, hingga saat ini industri masih kekurangan SDM yang berkompetensi dan sesuai bidang keahlian.

“Peningkatan kualitas SDM sebagai aktor utama dalam perubahan ini menjadi sangat penting terutama karena Indonesia masih kurang dalam memanfaatkan kecanggihan TIK. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi yaitu semakin ketatnya persaingan global. kecangihan teknologi tidak bisa dinegosiasikan dalam kehidupan bermasyakat, khususnya dalam dunia industri,” urainya.

Lamjutnya, tantangan ini perlu disikapi secara matang dan tepat sasaran yaitu dengan terus mengupayakan penguatan SDM bidang Komunikasi dan Informasi.

“Diharapkan kegiatan pelatihan Digital Entrepreneuship Academy dengan target utama adalah UMKM, yang saat ini menjadi salah satu penopang perekonomian negara, sehingga dapat menyediakan lapangan pekerjaan dan menyerap lebih banyak tenaga kerja,” ungkapnya.

Baca juga:  Tindak Pelanggaran Protokes dalam Pilkada Serentak

Diharapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

” Kiranya melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Minahasa yang Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari, diikuti peserta para pelaku UMKM dari kalangan milenial muda di kabupaten Minahasa dengan menghadirkan sejumlah Nara sumber, yakni  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Moudy N Lontaan SSos dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi serta instruktur dari Akademisi dan Praktisi.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minahasa Moudy N Lontaan SSos, Sekretaris Dinas Kominfo Minahasa Anneke Rantung SE, Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Diskominfo Sepdy Tumengkol ST, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Recky Taniowas SE dan para Instruktur dan Pengajar dari kalangan Akademisi dan Praktisi. (Novita)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *