Pangdam XIII/Merdeka Hadiri Launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat

Manado, BAROMETER –
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI  Wanti Waranei Franky Mamahit launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Selasa (19/10/2021).

Pelaunchingan dipimpin Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (P3A) Bintang Puspayoga.

Adapun Program ini dihadirkan Dinas P3A Provinsi Sulut. Menteri PPPA dalam sambutannya mengapresiasi hadirnya inovasi tersebut karena dapat memberikan kesempatan bagi perempuan dalam meningkatkan perekonomian.

“Apresiasi bagi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut yang dapat berinovasi menghadirkan program ini,” ungkap Menteri Bintang Puspayoga.

Ia mengatakan, peran pemerintah daerah melalui instansi terkait sangat penting menunjang program Kementrian PPPA.

“Seperti dengan menghadirkan program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat. Ini sejalan dengan arahan lima arahan Presiden Jokowi soal pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan perempuan sebanyak 45% dari penduduk Indonesia akan berpengaruh besar untuk diberdayakan.

“Coba bayangkan jika diberdayakan akan mempunyai kekuatan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” bebernya.

Menteri PPPA menambahkan, program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat yang melibatkan instansi terkait, Bank SulutGo dan OJK, merupakan kolaborasi yang bermanfaat mendorong kesetaraan gender dan meningkatkan pertumbuhan UMKM yang dikelola oleh kaum perempuan.

“Apalagi program ini ada pinjaman sampai Rp10 juta tanpa anggunan. Ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberi apresiasi atas kehadiran Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam menjalankan agenda di Provinsi Sulut.

“Ibu Menteri PPPA bisa melihat langsung kondisi di Sulut. Apalagi daerah ini sangat mendorong kesetaraan gender. Banyak kaum perempuan di Sulut memegang jabatan strategis baik rektor, pejabat pemerintahan dan swasta dan lainnya,” jelasnya.

Orang nomor satu di Nyiur Melambai ini memuji ide Dinas P3AD Sulut yang dapat berinovasi menghadirkan Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat.

“Program ini pastinya akan mendorong pertumbuhan UMKM bagi ibu-ibu rumah tangga di Sulut. Apalagi di masa Covid-19 saat ini, banyak suami-suami yang dan tentu akan membantu para istri untuk berusaha lewat program bantuan kredit ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AD Sulut, dr Kartika Devi Tanos dalam laporannya menyampaikan program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat tersebut dilakukan kerja sama segitiga.

“Pertama pelatihan skil dari Disnakertrans Sulut melalui Balai Pelatihan, kemudian Dinas P3AD Sulut memberikan rekomendasi sesuai spesifik keahlian, dan Bank SulutGo sebagai pihak pemberian kreditnya,” terang Devi.

Ia mengatakan, hadirnya program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat untuk kesataraan gender dan membuka akses perempuan.

“Nantinya ada banyak benefit atau keuntungan lewat tabungan itu. Salah satunya bisa dapat Kredit Usaha Rakyat atau KUR, tanpa agunan. Ini agar perempuan bisa jalankan usahanya lebih baik lagi,” tandasnya.

Dalam kegiatan launching dirangkaikan dengan penyerahan simbolis kartu dan buku tabungan program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat. 

(Rendy)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Olly Dondokambey Buka Sidang Lengkap Sinode ke-XXV GMIST

Tahuna, BarometerSulut.com– Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, membuka Sidang Lengkap Sinode (SLS) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *