Kunjungi Bitung, Kartika Kandouw Tanos Bicara Fungsi PUG dan PPRG

Bitung, BAROMETER –
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Sulut Dr Kartika Kandouw Tanos MARS, melaksanakan kunjungan kerja di Kota Bitung, Kamis (14/10).

Dia menjadi pembicara dalam sosialisasi kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan perencanaan penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Ruang SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung.

Dr Kartika yang juga sekretaris 1 TP PKK Sulut didampingi Ny Ellen Honandar Sondakh sekretaris I TP PKK Kota Bitung mengunjungi ruang workshop Garmen Apparel, di UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) kelas A Disnaker Daerah Provinsi Sulut di Kota Bitung.

Menurut dr Kartika, sosialisasi tersebut berguna untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG), penting apalagi itu berguna agar seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kota Bitung, dalam penganggarannya dan kegiatan-kegiatan yang responsive gender,” kata dia.

Istri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ini menyampaikan, responsive gender satu di antaranya seperti yang dilakukan UPTD BPTK kelas A di Bitung, memberikan pelatihan dan workshop kepada sejumlah perempuan yang ada di Bitung.

Pelatihan dan workshop kepada perempuan seperti ini, merupakan bagian dari PUG.

Terkait dengan komitmen PUG oleh Kota Bitung dan beberapa kabupaten kota lainnya, menghasilkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020.

Dan untuk kota Bitung meraih APE kategori Pratama, diumumkan secara virtual oleh ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Dengan capaian itu, pemerintah kota Bitung dibawah duet kepemimpinan Wali kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil walikota Hengky Honandar diharapkan ke depan bisa naik kategorinya.

“Bisa sampai mentor atau tingkat paling akhir,” tambahnya.

Sementara itu, dr Kartika melihat langsung proses pelaksanaan menjahit yang dilakukan perempuan di ruang workshop Garmen Apparel, di UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) kelas A Disnaker Daerah Provinsi Sulut di Kota Bitung.

Pada kesempatan itu sempat berdiskusi, dan mendapati beberapa keluhan seperti, ketika mereka selesai mengikuti pelatihan lalu hendak melakukan pekerjaan terkendala di modal untuk beli mesin jahit dan alat obras.

Pihak Dinas PPPA Daerah Provinsi Sulut, langsung menyampaikan solusi untuk mereka yaitu lewat program kerjasama dan inovasi segitiga dengan Disnaker Daerah Provinsi Sulut dan Bank SulutGo akan memberikan tambuhan khusus untuk perempuan.

“Tabungan itu namanya, tabungan Bohusami Perempuan Hebat. Lewat tabungan ini akan diberikan atau dibantu kredit usaha ringan tanpa anggunan, dengan syarat sudah mengikuti pelatihan dan ada sertifikat dari Disnaker, lalu dari Dinas PPPA Sulut akan diberikan bantuan alat disesuaikan dengan pelatihan apa yang ibu-ibu lakukan,” jelasnya.

Program tabungan Bohusami Perempuan Hebat dan bantuan alat, bentuk perhatian dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Bantuan ini akan dilihat mana yang benar-benar tepat dan layak menerima, dan dikhususkan untuk perempuan sebagai kepala rumah tangga.

Dr Kartika jelaskan, yang di maksud dengan perempuan sebagai kepala rumah tangga misalkan suami mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terdampak pandemic Covid 19, perempuan itu sendiri yang bekerja dan perempuan itu yang menjadi tulang punggung dalam keluarga.

Turut hadir mendampingi, kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan Dinas PPPA Sulut Everdien Kalesaran, Kepala dinas PPPA Kota Bitung Merianti Dumbela, Denny Mewengkang Kepala seksi Pelatihan Tenaga Kerja UPTD BPTK Kelas A di Bitung, Dr Rinny Pangemanan Tinangon ketua DWP Kota Bitung dan Joice Makarawung instruktur Jahit di UPTD BPTK.

Di akhir yang dilakukan Dr Kartika, menyambangi Koperasi TP PKK Kota Bitung di kompleks perkantoran Walikota Bitung didampingi sejumlah pengurus TP PKK Kota Bitung dan pengelola Koperasi Lely Bitung Sepakat.

dr Kartika juga sempat melihat keberadaan koperasi yang diresmikan saat momentum HUT Kota Bitung dan tertarik dengan sejumlah produk UMKM khas Bitung.

(Youngky)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Olly Dondokambey Buka Sidang Lengkap Sinode ke-XXV GMIST

Tahuna, BarometerSulut.com– Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, membuka Sidang Lengkap Sinode (SLS) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *