Dandim 1302/Minahasa Narasumber Sosialisasi Pemilu 2019 di Tomohon

Dandim 1302/Minahasa Narasumber Sosialisasi Pemilu 2019 di Tomohon

IMG-20180531-WA0020
TOMOHON,Barometersulut.com-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kota Tomohon melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilu tahun 2019 dengan menghadirkan narasumber Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Rabu (30/5/2018) di aula Graha Glow Kota Tomohon.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang diwakili oleh
Asisten III Kota Tomohon Ir.Kori Karolus mengatakan negara menjamin dalam mengeluarkan pendapatnya dalam UUD-45 pasal 28 yang mengacu pada UU No.7 tentang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Karolus menambahkan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 adalah pemilihan Legislatif yang bersamaan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.Oleh karena itu dalam pemilu tersebut, seluruh rakyat Indonesia yang sudah wajib pilih harus menggunakan hak pilihnya.” imbuhnya.

Sementara itu Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama dalam paparannya menyampaikan dalam Pemilu TNI tidak boleh melibatkan diri dalam politik praktis dan jika ada anggota TNI yang ingin mencalonkan diri harus mundur dari anggota TNI.”Sejak dari dulu hingga saat ini TNI berada pada posisi netral dalam Pilkada apapun bentuk dan alasannya.”ujar Nixon.

Dia menjelaskan bahwa TNI harus menjaga netralitas dalam pemilu, menjaga dan mengamankan pemilu, tidak boleh berpihak kontestan manapun juga. “Yang pasti prajurit tidak punya hak pilih atau dipilih, dilarang menjadi anggota KPU, para Dansat wajib mensosialisasikan tentang Netralitas TNI kepada seluruh prajuritnya.”tutur Nixon.

Dia menjelaskan terkait dengan netralitas secara tegas telah diperintah bahwa bagi prajurit dilarang berkomentar, memberikan penilaian, berdiskusi mengenai area pemilu, sementara khusus bagi para Babinsa pada pemilu yang akan datang bisa mendekat ke TPS untuk memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara serta melakukan koordinasi dengan aparat terkait serta menggunakan Bets Babinsa dilengan.”Saya ingatkan agar seluruh prajurit dalam jajaran Kodim 1302/Minahasa tidak terlibat dan melibatkan diri dalam proses politik praktis,namun sesuai arahan komando atas untuk mendukung penuh tugas pokok aparat kepolisian dalam upaya pengamanan seluruh tahapan pilkada serentak 2019 ini.”tandas Nixon.

Adapun ini turut dihadiri oleh Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Kepala badan Kesbangpol kota Tomohon Theodorus Paat, Ketua KPU Tomohon Beldi Tombeng, Ketua panwaslu kota Tomohon Jef Budiman.(Regina.TS/Warno Detuage)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan