Letusan Meriam Armed 19/105 TB “Guncang” Bolmong

BOLMONG,Barometersulut.com-Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) merupakan kesatuan Bantuan Tempur (Banpur) dalam organisasi TNI Angkatan Darat.

Sehubungan dengan tupoksi tersebut,Yonarmed 19/105 Tarik Bogani melaksanakan latihan menembak senjata berat yang penutupannya dilaksanakan pada Kamis (14/9/2017) di lapangan tembak senjata berat Desa Solog Kecamatan Lolak.

Kegiatan menembak senjata berat ini mendapat kunjungan langsung Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Santos Matondang,dimana pada kesempatan itu Kasdam XIII Merdeka mendapat PIN sebagai keluarga kehormatan Artileri medan.

Komandan Yon Armed 19/105 Tarik Bogani Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan kepada Barometersulut.com mengatakan kegiatan latihan menembak senjata berat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan dan ketrampilan prajurit dalam mengawaki Alutsista Armed berupa meriam,hal tersebut dimaksudkan agar setiap saat prajurit Yonarmed 19/105 Tarik Bogani siap dan mampu melaksanakan tugas pokoknya guna memberikan bantuan tembakan Armed kepada satuan yang dibantu.”Kegiatan menembak ini dimaksudkan agar setiap prajurit dalam kondisi siap dan sigap menggunakan senjata berat.”ujar Gregorius,sapaan akrabnya.

Baca juga:  Kodim 1307/ Poso Bersama Satgas Ops Tinombala Gelar Khitanan Massal

Gregorius menambahkan kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin dalam kaitan pembinaan kemampuan dan profesionalisme seorang prajurit untuk menggunakan senjata berat dalam kaitan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kesatuan Yonarmed 19/105 Tarik Bogani.

Dia mengguraikan dalam kegiatan latihan yang dilaksanakan dari tanggal 12 hingga 14 September 2017 ini,untuk pertama kalinya meriam Armed 19/105 Tarik Bogani 105 MM buatan Amerika tahun 1960 itu meletus di bumi Bolaang Mongondow. “Kegiatan latihan ini bakal dijadikan agenda latihan rutin dan berkesinambungan Yon Armed 19/105 Tarik Bogani.” tandas Gregorius sambil menambahkan kegiatan menembak ini merupakan kegiatan pertama sejak berdirinya Yonarmed 19/105 Tarik Bogani pada 9 tahun silam.

Baca juga:  Pemkab Talaud dan UNIMA Teken MoU, Bupati Elly Lasut Usulkan Konsep "Learning By Doing"

Selain kegiatan menembak tersebut,secara bersamaan dilaksanakan kegiatan Teritorial lainnya yakni pembuatan sarana MCK bagi masyarakat setempat,pembagian sembako serta hiburan rakyat dalam rangkaian menyambut HUT TNI ke-72 tahun 2017 dalam bingkai kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Selain Kasdam XIII Merdeka
Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang kegiatan itu juga dihadiri oleh Dirbin Litbang Kolonel Arm Syarifuddin,Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Welty Komaling SE MM,Para Asisten Kasdam XIII Merdeka, Para Dan/KaBalak Kodam XIII Merdeka, Danbrigif 22/OMS Kolonel Inf Siburian,Danden Inteldam XIII Merdeka Letkol Kav Budiman, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang,Para Asisten Setda Bolmong,Para Kepala Dinas Pemkab Bolmong.(Regina.TS)
IMG-20170915-WA0015IMG-20170915-WA0014

Pos terkait