Kodim 1303 Bolmong Gelar Pekan Pancasila

Kodim 1303 Bolmong Gelar Pekan Pancasila

BOLMONG,Barometersulut.com-Komando Distrik Militer (KODIM) 1303/BM Senin(12/6/2017) melaksanakan upacara dalam rangka kegiatan Pekan Pancasila, dengan tema “ AKU INDONESIA, AKU PANCASILA” dilapangan upacara Makodim di Kota Kotamobagu.

Dandim 1309 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang kepada Barometersulut.com mengatakan,kegiatan Pekan Pancasila ini dilaksanakan secara nasional dan seluruh jajaran TNI AD di Korem 131 Santiago Kodam XIII Merdeka,dimana kata Sihotang tujuannya untuk kembali menyegarkan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda tentang makna kelahiran Pancasila dan semangat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).”Selain rangkaian peringatan Hari lahir Pancasila,kegiatan ini adalah perintah komando atas yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI AD didaerah ini.”tandasnya.

Kegiatan pekan Pancasila dalam rangka Hari Lahir Pancasila tahun 2017 ini,dilaksanakan dalam dua bagian yakni upacara bendera dan sosialisasi.

Mayor Inf Burhan selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam amanatnya. mengatakan bahwa kegiatan ini untuk dalam rangka memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila, di mana hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (KEPPRES) momor 24 T
tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari
lahir Pancasila.
“Keputusan Presiden tersebut juga menyebutkan bahwa mulai tahun2017, Presiden menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional.”tandasnya sambil menegaskan dengan kegiatan ini, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setelah pelaksanaan upacara para siswa dan siswi SD, SLTP dan SLTA dikumpulkan di Aula Sisingamangaraja Makodim 1303/BM untuk diberikan pemahaman yang mendalam akan arti Pancasila, yang paparkan oleh Kapten Inf Rhicard Pusung selaku pemateri.

Kapten Rhicard Pusung dalam materinya antara lain menyebutkan pelaksanaan pekan Pancasila kepada penerus Bangsa ini sesuai dengan arahan Panglima TNI,dengan tujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman para generasi penerus bangsa ini tentang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) sebagai satu upaya nyata menjaga ancaman dan rongrongan sekelompok orang yang ingin mengubah ideologi bangsa.

Dalam kesempatan itu Richard juga menjelaskan kepada para peserta mengenai sejarah lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 dan isi Sila-sila dalam Pancasila yang sesuai dengan Ketetapan MPR RI Nomor II/MPR/1978 yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.”Kegiatan ini merupakan upaya nyata TNI AD melalui perintah komando atas dalam rangka memberi motivasi bagi generasi muda dalam berbangsa dan bernegara.’ujarnya.

Sri Inca Sari (16),salah seorang perwakilan peserta mengatakan, dirinya mengaku lebih memahami makna dan butir-butir yang diamanatkan dalam Pancasila.
“Kegiatan ini positif sekali sebagai penambah wawasan bagi kita sebagai penerus bangsa agar lebih memahami makna dari isi lima sila dalam Pancasila serta pentingnya semangat untuk mempertahankan NKRI,”ujarnya siswi SMK Kristen Kotamabagu itu.(Regina TS)IMG-20170613-WA0000

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan